Konsumsi BBM Mazda 6 Elite Estate dan 3 Kelebihan Miliknya

Masih dinilai sebagai kendaraan mewah, harga jual Mazda 6 Elite Estate bisa mencapai 698 jutaan dan sudah berkiprah dari tahun 2002 dengan konsumsi BBM yang cukup hemat di kelasnya.

Berbicara masalah kelas, kendaraan ini masuk ke dalam kelas mobil wagon dengan 5 kursi penumpang dan ground clearance setinggi 165 mm.

Namun dari sisi mesin disamakan dengan Mazda 6 Elite Sedan yang berkapasitas 2.5L, inline 4-silinder, dan 4 Valve DOHC.

Mungkin salah satu yang membedakannya ada pada konsumsi bahan bakar karena bodinya yang nampak berbeda.

Biar lebih jelasnya, silahkan simak konsumsi BBM Mazda 6 Elite Estate agar kamu bisa menimbang-nimbang apakah kendaraan ini sesuai kebutuhan atau tidak.

Konsumsi Bahan Bakar Mazda 6 Elite Estate

konsumsi bahan bakar mazda 6 elite estate

  • Mazda 6 Elite Estate 2.0L tahun 2012: 15,6 KM/L di dalam kota, dan 17,9 KM/L di luar kota.
  • Mazda 6 Elite Estate 2.0L Diesel tahun 2012: 20,4 KM/L di dalam kota, dan 222,7 KM/L di luar kota.

Sama halnya seperti Mazda 6 Elite Sedan, versi Estate juga sudah hadir semenjak tahun 2002 dengan varian paling baru ada di generasi tiga yang dirilis semenjak tahun 2012.

Generasi ketiga ini jugalah yang menandakan dimulainya penggunaan teknologi terbaru bernama SkyActive yang tersemat di hampir seluruh kendaraan merk Mazda.

Berkat teknologi tersebut, Mazda 6 Elite Estate akhirnya berhasil mengefisiensikan penggunaan bahan bakar sehingga sekalipun mesinnya masih berbahan bakar petrol, tetapi cukup hemat di kelasnya.

Produsen Mazda sendiri mengklaim bahwa SkyActive yang tersemat pada mesin bensin 2.5L mampu menghemat hingga 16 km per liter di tahun pertamanya pada 2012.

3 Kelebihan Mazda 6 Elite Estate

harga mazda 6 elite estate

Menurut sang produsennya sendiri mengatakan bahwa Mazda 6 Elite Estate lahir dari tangan-tangan para ahli mesin dan seni.

Tak heran jika kendaraan ini dianggap sebagai puncaknya model di tahun tersebut. Pasalnya, para engineer mempertimbangkan setiap detail untuk membuat interior yang menyenangkan baik bagi si pengemudi, penumpang, maupun orang lain yang melihatnya dari luar.

Dikutip dari website resminya, ada 3 kelebihan yang ditonjolkan oleh Mazda 6 Elite Estate, yakni

  • Tampilan multi informasi, menyediakan pengukur layar LCD digital 7 inci yang baru dirancang untuk meminimalkan jumlah gerakan mata saat berkendara.
  • Koneksi luas, dengan desain yang memungkinkan untuk tetap fokus di jalanan sambil menghibur diri sendiri dengan sistem infotainment yang tersemat di sana.
  • Kursi berkulit Nappa, yang disertai dengan jahitan yang harmonis, sederhana, dan indah.

Untuk varian warna eksteriornya disamakan dengan Mazda 6 Elite Sedan yang telah kita bahas beberapa waktu lalu.

Performa dan Mesin

all new mazda 6 elite estate

Sekali lagi disarankan untuk memilih Mazda 6 Elite Estate yang sudah memasuki generasi ketiga atau semenjak tahun 2012.

Untuk membahas dalamannya, kita ambil contoh varian yang dirilis tahun 2018. Pasalnya, kendaraan ini sudah dipersenjatai oleh teknologi terbaru bernama SkyActive-Vehicle Dynamics dengan G-Vectoring Control.

Melalui mesin dan teknologi ini, Mazda 6 Elite Estate mampu menghasilkan pengendaraan yang lebih mulus dan tidak melelahkan.

Saat di jalanan yang menikung, sistem bekerja dengan sangat mulus dan menyesuaikan pengiriman daya.

mazda 6 elite estate indonesia

Dari segi mesin dan performanya sendiri hampir sama dengan Mazda 6 Elite Sedan yang dipersenjatai oleh mesin berkapasitas 2.5L yang menghasilkan output maksimum sebesar 191 Hp dan torsi 252 Nm.

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan menggunakan teknologi SkyActive-D yang secara eksklusif hanya dimiliki oleh mesin merk Mazda.

Namun baik sedan ataupun estate keduanya tak terlalu terpaut jauh. Tinggal disesuaikan saja dengan bodi dan tampilan eksterior yang kamu sukai menurut preferensi masing-masing.

Leave a Comment